Alat Sebesar Kunci untuk Deteksi Alergen Pada Makanan dengan Cepat

Beberapa makanan yang dimasak di restoran berpotensi besar mengandung bahan lain yang dimasak sebelumnya. Bahkan kamu tidak bisa memastikan makanan yang dipesan murni tidak tercampur dengan bahan lain yang menyebabkan alergi seperti kacang dan telur.

Ilmuwan dari Harvard Medical School saat ini sedang mengembangkan alat praktis yang mampu mendeteksi kandungan alergen di dalam makanan. Alat bernama iEAT ini bisa digenggam dalam tangan tanpa ada celah, membuatnya bisa dikaitkan dengan gantungan kunci agar lebih praktis.

Menurut tim ilmuwan, iEAT mampu mendeteksi zat alergen dari kacang-kacangan, susu, gandum, dan telur bahkan dalam kadar yang sangat rendah. Kemudian datanya diolah dan dikirim ke smartphone pengguna secara wireless. Dengan begitu efek akibat alergi dapat dicegah.

Sementara uji laboratorium memerlukan waktu yang sangat lama, iEAT hanya perlu durasi kurang dari 10 menit. Meski demikian, angka tersebut masih tergolong cukup lama hanya sekedar untuk mendeteksi zat alergen. Justru makanan sudah terlanjur dingin sebelum sempat dicicipi.

Saat ini tim sedang bekerja keras untuk menyempurnakan alat tersebut, khususnya waktu untuk menganalisa. Penelitian yang dipimpin oleh Ralph Wissleder dan Hakho Lee ini sudah diterbitkan dalam sebuah makalah di situs ACS Nano.

 

SUMBER : SEFSED

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *