Desain VR Terbaru Ini Memungkinkan Kamu Bergerak Bebas Dalam Video Game

Video game, pada dasarnya kamu hanya perlu duduk dan mengontrol karakter menggunakan kontroler sambil menatap layar monitor. Tetapi paradigma tersebut menuju ke arah perubahan setelah Virtual Reality (VR) merambah industri gaming. Tidak berhenti sampai disitu, beberapa peralatan ditambahkan demi mencapai kesan permainan yang nyata.

Startup asal China KAT VR menawarkan Kat Walk, perangkat yang didesain khusus untuk mengkonversi gerakan di dunia nyata menjadi aksi dalam video game. KAT Walk memiliki rancangan konsep yang sama dengan Omni Virtuix dan Cyberith Virtualizer, namun gerakannya lebih leluasa sebab pemain tidak terikat pada semacam cincin yang melingkari pinggang.

 

Pemain mengenakan virtual reality (VR), kemudian menggunakan sabuk khusus yang dikaitkan dengan tali yang menggantung di tiang struktur utama treadmill. Gerakan seperti berjalan, melompat, menunduk, menembak, otomatis disinkronasi oleh sensor ke dalam video game yang dimainkan.

Sementara sistem komputer menggunakan CPU Intel i5, dengan ASUS B85 Pro Gamer sebagai motherboard-nya. Memory berkapasitas 8 GB, penyimpanan internal SSD sebesar 250 GB, serta kartu grafis GTX 1070. Sistem tersebut sudah sepaket dengan KAT Walk. Pihak KAT VR mengatakan produknya juga menyertakan 13 game dalam sistemnya.

KAT Walk tidak hanya dirancang untuk industri game, tetapi sangat mungkin diaplikasikan untuk keperluan komersial seperti industri, wisata, edukasi, keamanan, bahkan medis. Mereka juga mengatakan akan membuat versi lain untuk anak-anak.

“Saya yakin bahwa suatu hari, VR dapat diaplikasikan kemanapun dengan berbagai cara” kata Jack Zhang, selaku Overseas Manager KAT VR kepada Sefsed.com. Ia juga menambahkan perusahaannya sedang mengerjakan target tersebut.

KAT Walk sebelumnya pernah menjadi subjek di halaman crowdfunding Kickstarter dan berhasil meraup $150.000 USD atau 50% lebih tinggi dari target pendanaan. Saat ini produk tersebut sudah bisa dipesan melalui situs resmi KAT VR.

Zhang menjelaskan harga satu paket KAT Walk lengkap berada di angka $8699 USD atau setara Rp 116 juta. Sedangkan versi Premium dengan lebih banyak fitur mematok harga hampir Rp 130 juta. Terkesan tinggi, namun cukup relevan dengan beragam teknologi yang ditawarkannya.

Berikut video tentang KAT Walk:

 

Sumber: SEFSED

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *