FORUM LANGSUNG MAHASISWA DAN DOSEN (FORLAMADOS) 2017

 

Jum’at, 16 Juni 2017 telah berlangsung FORLAMADOS (Forum Langsung Mahasiswa dan Dosen). FORLAMADOS merupakan kegiatan diskusi antara mahasiswa dengan dosen Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung. Kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan pandangan antara mahasiswa dengan pihak jurusan maupun sebaliknya mengenai segala kegiatan akademik maupun non akademik termasuk membahas sarana dan prasarana penunjang kebutuhan perkuliahan.

 

 

 

 

 

Acara ini dihadiri oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Dr. Ing. Ardian Ulvan, S.T., M.Sc. selaku Kepala Jurusan Teknik Elektro, Dr. Herman Halomoan Sinaga, S.T., M.T. selaku Sekretaris Jurusan Teknik Elektro, Yessi Mulyani, S.T., M.T. selaku Kepala Program Studi Teknik Informatika, dan Dr. Ing. Melvi Ulvan, S.T., M.T. selaku perwakilan dosen. Diskusi berlangsung mulai dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB. Diskusi ini menghasilkan beberapa poin penting antara lain :

1. Laboratorium bukan area terbuka untuk umum. Jika terlalu banyak orang maka daya dukung tidak mampu. Lab harus memiliki jam kerja. Pengelolanya adalah dari fakultas dan jurusan yang diberi wewenang untuk mengelola (perbaikan fasilitas). Jurusan tidak bisa membeli AC dalam jumlah banyak. Jurusan menimbang kebutuhan tiap tiap fasilitas. Lab lt 1 tidak diberi AC, hanya lt 2 dan lt 3. Agar lebih nyaman akan diganti dengan kipas angin. Untuk meja dan kursi. Terdapat dana hibah untuk meningkatkan fasilitas lab. Jika terdapat kerusakan fasilitas dalam lab diharapkan dicatat.
2. Tahun ini sudah mengalokasikan dana yg besar untuk lab dalam bentuk pelatihan, workshop, dsb. sebesar 15 juta rupiah untuk setiap lab. Jika kegiatan ini sukses akan ditingkatkan menjadi 20 juta rupiah – 50 juta rupiah. 60% akan dialokasikan untuk lab jika kegiatan sukses.
3. Pada tahun 2016, lulus 78 orang dengan seminar terjadwal. 2015 hanya 38 orang. Target tahun ini minimal 75 orang. Mahasiswa dan dosen harus disiplin. Skripsi harus selesai dalam waktu 1 semester. Jika terjadwal, mahasiswa dan dosen bisa membuat rencana dalam perkuliahan. Target jurusan untuk wisuda adalah 4,5 tahun. Setiap mahasiswa sebaiknya harus memiliki rencana untuk perkuliahan. Dengan seminar terjadwal, jurusan memiliki progres yang tinggi. Semester depan akan dipertimbangkan untuk tidak perlu masuk ke krs. Syarat melaksanakan kkn adalah sudah memenuhi 110 sks.
4. Peraturan pembimbingan tidak boleh lebih dari 6 mahasiswa untuk 1 dosen persemester. Jika dapat pembimbing yang baru harap segera diselesaikan agar ada pemerataan disetiap dosen. Jika mahasiswa masih memenuhi aturan silahkan koordinasi ke sekretaris jurusan.
5. Terdapat 9 pendaftar S2 elektro. Untuk ruangan tidak mengganggu kegiatan S1. Kegiatan S2 dijalankan saat sore dan tidak dijalankan saat libur. H18 digunakan untuk S2 saat sore dengan kapasitas 30 orang. Kursi saat ini akan digantikan dengan meja dan kursi. Jika H18 tidak dapat digunakan, akan bekerjasama dengan teknik sipil.
6. Masalah utama jurusan adalah penerangan pada ruang belajar. Yang diupayakan jika berhasil mendapat akreditasi A adalah sudah mendapat jaminan dari LPDP untuk program S2. Jika semester 7 tidak ada mata kuliah dapat mempersiapkan untuk S2. PPI (program profesi insinyur), masalah : belum mempunyai 6 dosen dengan tingkat yg lebih tinggi.
7. Untuk jadwal seminar KP, hasil, kompre, usul sudah diumumkan dimading lantai dua. Jadwal seminar apapun minggu kedua setiap bulan. Batas pendaftaran di jumat minggu pertama setiap bulannya. Jurusan masih terdapat kesulitan pada webmaster sehingga tidak dapat mempublish info. Sudah dibuat desain untuk lokasi seminar dan lainnya. HIMATRO dimohon untuk memposting jadwal jadwal seminar tersebut.
8. Jadwal perkuliahan hari senin – kamis, sehingga dosen mempunyai hak mengganti jadwal di hari tersebut karena dosen memiliki kesibukan yang lain. Untuk hal seperti ini harap dimaklumi karena belum memiliki jadwal ideal.

Semoga dengan diadakannya acara FORLAMADOS ini dapat menyatukan pandangan antara mahasiswa dengan pihak jurusan maupun sebaliknya dan dapat menjadikan Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *