Mahasiswa Unila Lakukan Visiting Study dan Short Research di Ceko

Print E-mail
Ceko

(Unila) : “Kunjungan mahasiswa Universitas Lampung ke universitas-universitas partner di luar negeri, baik untuk studi, penelitian, seminar, dan aktivitas-aktivitas ilmiah lainnya sangat penting untuk internasionalisasi institusi Universitas Lampung,” demikian yang disampaikan Pembantu Rektor I  Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P. di ruang kerjanya saat melepas keberangkatan dua orang mahasiswa Unila, Jumat (1/3).

Oktaviana Damayanti dan M. Thaha Yanuar Ayub, mahasiswa Teknik Elektro Unila melakukan visiting study dan short research di Czech Technical  University in Prague (CTU) di kota Praha, Republik Ceko. Acara pelepasan kedua mahasiswa Teknik Elektro Unila ini juga dihadiri oleh Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Dr. Muhammad Syarkowi, Ketua Jurusan Teknik Elektro Dr.AgusTrisanto, dan dosen Teknik Elektro Dr. Ing. Melvi.

Hasriadi juga mengingatkan kedua mahasiswa yang dikirim tersebut agar dapat belajar dan melakukan penelitian dengan baik. Selain itu, menyerap sebanyak-banyaknya ilmu pengetahuan, pengalaman, skill, selain juga membangun komunikasi yang harmonis dengan kolega mahasiswa, dan para dosen di CTU.

Semua hal ini akan sangat bermanfaat, tidak saja untuk meningkatkan kapasitas dan pengembangan diri mahasiswa, tapi juga dapat membangun citra positif Unila di luar negeri. Selain itu, iklim dan atmosfer akademis yang didapat selama kunjungan dapat juga diciptakan di Unila setelah mereka pulang nanti, terutama di kalangan mahasiswa.

Kegiatan visiting study dan short research yang dilakukan oleh kedua mahasiswa Unila ini adalah bagian dari rencana kerja sama antara Unila dan CTU. Hal ini dijelaskan oleh Dr. Ing. Ardian Ulvan, dosen Teknik Elektro Unila yang menjadi pembimbing tugas akhir kedua mahasiswa tersebut, dan sebagai inisiator program kerja sama Unila dengan CTU. Ardian mengatakan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Unila dan CTU sudah sampai pada proses final draf. Diharapkan, dalam waktu dekat Rektor Unila dan Rektor CTU akan menandatangi nota kesepahaman tersebut.

Selain MoU, sebagai rencana utama kerja sama, juga telah di buat draf kesepakatan kerja sama (Cooperation Agreement) antara Fakultas Teknik Unila (FT) dan Faculty of Electrical Engineering CTU (FEE). Dalam draf dokumen kesepakatan kerja sama tersebut dirumuskan beberapa program kegiatan penting antara lain kolaborasi penelitian antara FT Unila dan FEE CTU, publikasi bersama hasil penelitian, pertukaran mahasiswa dan staf pengajar/peneliti (exchange students and staffs), dan rencana joint program dan double degree program antara program studi magister teknik elektro Unila dengan beberapa program studi master di FEE-CTU.

Oktaviana Damayanti dan M. Thaha Yanuar Ayub adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir dalam bidang telekomunikasi,  dengan topik integrasi Femtocell–IP Multimedia Subsystem dan studi implementasi IPTV pada jaringan bergerak. Keduanya akan melakukan penelitian di departemen teknik telekomunikasi FEE-CTU selama kurang lebih tiga bulan, mulai tanggal 7 Maret – 1 Juni 2013. Selain meneliti, Oktaviana dan Thaha juga akan diikutsertakan dalam beberapa perkuliahan regular di program studi master Komunikasi, Multimedia, dan Elektronik di FEE-CTU.

Ardian mengatakan bahwa program visiting ini diupayakan memberikan keuntungan akademik bagi para pesertanya. Misalnya kredit mata kuliah yang diselesaikan dalam program visiting ini akan diakui oleh FEE-CTU seperti halnya kredit perkuliahan regular, sehingga bila mahasiswa satu saat nanti mendaftar sebagai mahasiswa master di FEE-CTU, mereka tidak perlu lagi mengulang mata kuliah yang sudah diselesaikan tadi.

Di pihak Unila sendiri, mata kuliah yang diselesaikan di FEE-CTU dapat dijadikan mata kuliah ekuivalensi dan di konversikan ke mata kuliah yang relevan di dalam kurikulum. Sejalan dengan hal tersebut, Hasriadi sebagai Pembantu Rektor I Bidang Akademik mengatakan bahwa ke depannya Unila akan memperkuat perangkat peraturan akademik. Dengan demikian, program-program seperti ini yang dilakukan oleh setiap program studi di Unila dapat diakomodir dan akan mendapat pijakan legal formal yang jelas di dalam peraturan akademik Unila.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *