Mobil Pintar Google

mobil pintar google

Informasi seputar mobil pintar Google memang masih sangat sedikit. Kendati demikian, baru-baru ini diketahui bahwa mobil pintar Google nantinya akan memiliki kemampuan bicara.

Namun, bukan bicara layaknya mobil di serial TV, Knight Rider, yang populer di tahun 90-an. Kemampuan bicara mobil pintar Google lebih sebagai penanda bagi pengguna jalan lainnya, seperti pejalan kaki atau pengendara sepeda motor.

Informasi ini diketahui dari United States Patent and Trademark Office (badan paten Amerika Serikat) yang memberikan Google paten untuk ‘notifikasi pejalan kaki’. Kehadiran fitur ini memungkinan mobil pintar Google berkomunikasi dengan pejalan kaki di sekitarnya.

Tak hanya itu, dalam paten ini juga sudah termasuk teknologi mobil pintar Google untuk merasakan manusia yang ada di depan atau dekat dengannya. Teknologi ini memberi kemampuan mobil pintar Google untuk mengambil langkah selanjutnya.

“Kendaraan ini mungkin akan disertakan dengan sensor untuk mendeteksi sebuah objek seperti penyeberang jalan yang melewati bagian depan mobil,” ungkap United States Patent and Trademark Office dalam keterangannya, seperti dikutip dari laman Tech Times, Selasa (1/12/2015).

Ditambahkan juga, sistem komputer ini nantinya dapat menentukan langkah paling benar untuk menanggapi pejalan kaki. Salah satunya adalah dengan memberikan peringatan pada pejalan kaki untuk melalui suara dari speaker di luar mobil.

Cara ini membantu pejalan kaki untuk mengetahui respons mobil pintar Google yang mendekat. Dengan demikian, pejalan kaki dapat mengetahui kapan mobil pintar Google akan terus berjalan atau malah memberikan kesempatan pejalan kaki untuk menyeberang.

Tak hanya suara, dalam paten juga dimasukkan teknologi layar samping yang diletakkan di luar mobil. Sama seperti peringatan suara, layar ini disebut jadi cara ‘berkomunikasi’ mobil pintar Google dengan sekitarnya.

Kemungkinan nantinya layar ini akan menampilkan informasi tentang langkah selanjutnya dari mobil pintar Google. Dengan ini, pengguna jalan lain dapat mengerti jalan yang akan diambil mobil pintar tersebut.

Selain itu, ternyata masih ada teknologi lain yang juga diketahui dari paten mobil pintar Google ini. Teknologi terakhir yang rencananya juga akan digunakan adalah tangan robotik serta mata yang dapat meniru mimik manusia ketika pengendara.

Sama seperti sebelumnya, teknologi ini juga digunakan untuk membuat mobil pintar Google berkomunikasi dengan sekitar. Akan tetapi, belum diketahui cara Google untuk mengaplikasikan teknologi ini.

Google memang diketahui cukup serius menggarap mobil pintarnya tersebut. Sebelumnya, Google juga telah memberikan kemampuan mengenal pergerakan anak-anak di jalan raya.

Kendati demikian, belum diketahui kapan mobil pintar Google ini akan siap hadir. Sebab, sampai saat ini Google masih terus melakukan uji coba kemampuan mobil pintar ini.

Sumber : liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *