Polisi Dubai Rekrut Robot Mobil Self-Driving untuk Patroli Jalanan

Akhir tahun ini Dubai bakal memiliki satuan polisi yang bukan manusia, melainkan robot berbentuk mobil berukuran mini. OTSAW Digital, startup asal Singapura tersebut memastikan bahwa Dubai akan menjadi kota pertama yang memiliki robot polisi dengan nama resmi O-R3.

Ukuran robot setara dengan ATV, hanya saja tidak ada orang yang mengemudi di dalamnya. O-R3 dilengkapi sejumlah sensor untuk mendukung fungsi self-driving alias sistem kemudi otomatis.

Kamera 360 derajat di sisi atas berfungsi untuk memindai wajah orang-orang sekitar dan menemukan kriminal yang sedang dicari. Petugas yang berada di pusat kendali bisa memantaunya secara real-time. Namun pihak kepolisian Dubai mengatakan robot hanya dioperasikan untuk skala ringan tanpa menggantikan peran polisi manusia.

“Intinya kami ingin agar jalanan aman dan tertib walaupun tanpa patroli mobil polisi berat” kata Mayor General Abdullah Khalifa Al Marri. Pihaknya berharap 25% angkatan kepolisian pada 2030 akan diisi robot. Sementara itu untuk tahap pertama robot akan ditempatkan di lokasi turis.

Jika baterainya lemah O-R3 akan menuju titik pengisian dengan sendirinya. Robot juga dilengkapi drone berjenis quadcopter untuk mengejar serta memantau target tertentu sebelum akhirnya polisi datang bertindak.

Dubai belakangan diketahui sedang gencar mengadopsi teknologi futuristik untuk memperkaya fasilitas kotanya seperti taksi terbang hingga pemadam kebakaran dengan jetpack.

Berikut video robot OTSAW O-R3:

 

sumber: SEFSED

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *