SEMINAR NASIONAL EEA 2017 (Create Start Up, Create New Life)

Telah terlaksana Opening Ceremony dan Seminar Nasional yang bertemakan “Create Start Up, Create New Life” Pada Tanggal 04 September 2017 Di Aula A 21 Dekanat Fakultas Teknik Universitas Lampung sebagai pembukaan rangkaian kegiatan Electrical Engineering In Action (EEA) 2017.

Susunan acara seminar nasional ini diawali dengan sambutan oleh perwakilan Gubernur  Lampung yakni Ir. H. Taufik Hidayat S.Sos M.M M.Eg selaku Kepala Bappeda Provinsi Lampung, kemudian sambutan dari Prof. Drs. Suharno, M.Sc., Ph.D  selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung,  dan dilanjutkan sambutan oleh Dede Supriatna selaku ketua pelaksana EEA 2017.

Acara ini dibuka secara simbolis oleh Dekan Fakultas Teknik, Kepala Bappeda Lampung, Ketua Jurusan Teknik Elektro, dan tamu undangan dengan pemukulan gong.

Dalam seminar nasional ini terdapat 3 pembicara utama yaitu:

  1. RidhoFicardo (Gubernur Lampung) yang diwakili oleh kepala Bappeda provinsi Lampung
  2. Ikhsan selaku SVP PMO PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk dan dimoderatori oleh Kurniawan Eko Saputra
  3. Tesar Sandikapura selaku Founder & CEO liteBIG Messenger yang dimoderatori oleh M. Aufa Insan Rafi

Pada kesempatan ini bapak M. Ikhsan sebagai pemateri pertama menyampaikan tentang Zaman atau era saat ini yaitu era kreatif dan konseptual. Cirinya adalah self service dan ciri yang paling mendasar adalah digital ekonomi. Beliau juga menjelaskan tentang membangun start up dimulai dengan ajang kreatifitas (From Creativity to Commerce).

Selanjutnya M. Tesar Sandikapura sebagai pemateri kedua berbagi tentang aplikasi liteBIG yang didirikannya. Alasan memilih aplikasi messenger adalah jumlah pengguna, peluang, dan data berharga.
62% orang Indonesia menggunakan devicenya untuk sosial media dan 33% melakukan transaksi online.
Dan menjelaskan 3 hal membangun start up kelas dunia :
1. Membuat visi
2. Leader dan Team yang tepat
3. Product dan service terbaik.

Dalam seminar ini terdapat sesi tanya jawab terkait tema seminar nasional, kemudian diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh perwakilan dosen dan panitia pelaksana kepada pembicara.

Acara ini terlaksana dengan baik dan peserta sangat antusias dalam mengikuti seminar ini. Semoga seminar nasional ini dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *