SpaceX Luncurkan Pesawat Militer Rahasia ke Orbit Bumi

SpaceX Falcon 9
SpaceX tidak membagikan informasi seputar muatan yang diluncurkan Falcon 9 Kamis lalu

Perusahaan antariksa swasta SpaceX menerima banyak pesanan peluncuran wahana dan satelit ke ruang angkasa. Selain NASA, lembaga militer Amerika Serikat juga menggunakan jasa perusahaan milik Elon Musk ini untuk meluncurkan salah satu pesawat rahasianya.

Kamis, (7/9/2017) lalu menjadi hari pertama bagi SpaceX untuk meluncurkan proyek milik militer. Di dalam modul muatan terdapat pesawat antariksa berukuran kecil (mini spaceplane) yang bernama X-37B. Kendati namanya sudah diketahui, namun tidak banyak informasi seputar pesawat ini.

Peluncuran dilakukan di Cape Canaveral pukul 10.00 waktu setempat. Seperti biasa, SpaceX memberikan video peluncuran dari awal hingga roket Falcon 9 mendarat. Namun peluncuran ini tampak tidak biasa sebab modul muatan di second stage sama sekali tidak ditampilkan di kamera.

SpaceX, X-37B
Pesawat ruang angkasa tanpa awak X-37B yang disebut-sebut punya misi rahasia

Penonton hanya diperlihatkan roket Falcon 9 yang sedang dalam proses kembali menuju Bumi. Sementara itu detail seperti lokasi orbit sama sekali tidak diketahui. Tidak ada live video, estimasi waktu, dan pelacakan muatan.

X-37B adalah pesawat angkasa tanpa awak “daur-ulang” yang dibuat untuk pengujian teknologi. Misi ini juga akan mengoperasikan Air Force Research Laboratory Advanced Structurally Embedded Thermal Spreader untuk kebutuhan eksperimen. Terlepas dari itu, tujuan utama, durasi misi, dan lokasi orbit masih menjadi misteri.

Kamu bisa melihat video peluncurannya di bawah ini:

SUMBER:SEFSED

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *